July 14, 2009

PEMERINTAH KITA TIDAK MENGENAL SIAPA KAUM MISKIN ITU.

Iwan Nurdin Deputi Riset dan Kampanye KPA

BPS baru-baru ini melansir data bahwa kemiskinan kita menurun, pendapat anda?

Ya, Badan Pusat Statistik memang menunjukkan data bahwa penduduk miskin turun sebesar 2,43 juta jiwa. Sehingga orang miskin sekarang ini berjumlah 32,5 juta jiwa atau 14,2 persen jumlah penduduk. Tapi harus diingat, bahwa cara mengukur angka kemiskinan kita masih menggunakan basis konsumsi Rp.10000 perkapita/hari atau US$.1 perkapita/hari. Jadi kalau kita hitung dengan pengeluaran versi Bank Dunia sebesar US$ 2/hari/kapita maka angka kemiskinan kita kemungkinan masih sangat tinggi.
Padahal, sudah begitu banyak program pemerintah yang diusahakan untuk mengurangi angka kemiskinan seperti PNPM, Kredit Usaha untuk Rakyat (KUR) dll. Jadi saya melihat bahwa angka kemiskinan yang cenderung stagnan dan tidak pernah turun tersebut disebabkan beberapa hal penting. Pertama, kegagalan pemerintah dalam mengenali siapa kaum miskin tersebut sebenarnya, mereka berada dimana dan mengapa mereka miskin belum banyak dikenali oleh pengambil kebijakan sehingga program-program pemerintah dalam usaha meningkatkan taraf hidup kaum miskin bahkan dengan biaya tidak sedikit tersebut mengalami kegagalan.

Kedua tentusaja soal paradigma pembangunan nasional secara keseluruhan yang dipenuhi oleh watak ekonomi politik neoliberali. Pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi semata pada kenyataannya memperlihatkan kepada kita bahwa segelintir orang saja yang tumbuh namun dalam statistik seolah-olah semua orang ikut tumbuh. Jadi PDB kita naik dan ekonomi kita tumbuh itu sesungguhnya ditopang oleh sedikit orang-orang kaya saja yang tumbuh ekonominya. Sementara si miskin tetap saja miskin. Belum lagi kita melihat akhir-akhir ini bahwa pertumbuhan ekonomi banyak ditopang oleh tumbuhnya pasar modal kita yang investasinya sangat jangka pendek dan didominasi oleh modal asing. Pertumbuhan lainnya, banyak di topang oleh ekspor hasil-hasil tambang yang lagi-lagi di dominasi oleh perusahaan asing dan telah menyisakan banyak persoalan mulai dari lingkungan dan konflik tanah. Terakhir, pertumbuhan banyak ditopang oleh hutang luar negeri jadi perangkap hutang dimasa depan semakin besar.
Kembali ke soal penghapusan kemiskinan apa yang sebenarnya harus di lakukan pemerintah?

Kalau kita teliti lagi, orang-orang miskin tersebut sebagian besar berada di pedesaan, lingkungan kumuh di perkotaan dan daerah-daerah yang jauh (pedalaman) dengan infrastruktur dasar yang sangat buruk.. Kemudian kita lihat kembali kalau di pedesaan, sebagian besar mereka adalah petani gurem dan buruh tani. di Jawa saja terdapat 12,5 juta RMT (Rumah Tangga Petani) atau sekitar 50 juta jiwa. Dari jumlah itu, 49% nya tidak memiliki lahan sama sekali. Sementara di luar Jawa, ada sekitar 18% atau 8 juta jiwa petani yang tidak memiliki lahan. Sedangkan bagi mereka yang memiliki, rata-rata pemilikan lahannya hanya 0,36 hektar. Jadi ada sekitar 32 juta jiwa petani Indonesia adalah buruh tani, dan 90 juta jiwa adalah petani subsistens/gurem.

Kemudian kita lihat program-program pengentasan kemiskinan yang dilakukan selama ini, seperti kredit dan permodalan apakah sesuai dengan keadaan kaum miskin di pedesaan saya yakin kok tidak sesuai.
Pemerintah melupakan bahwa kebutuhan mereka yang paling utama sekarang ini adalah lahan pertanian yang cukup. Jadi pembaruan agraria sangat penting dilaksanakan sebagai langkah awal untuk menyelesaikan keseluruhan problem pertanian dan pedesaan kita.

Apakah lahan-lahan untuk petani masih tersedia, bagaimana memastikan lahan tersebut dikelola oleh petani sehingga tidak dijual?


Sangat tersedia, kita mengetahui bahwa peruntukan tanah sekarang ini oleh pemerintah lebih banyak digunakan untuk perusahaan besar perkebunan dan kehutanan.ketimbang oleh rakyat. Terlebih lagi wilayah hutan lebih banyak diutamakan untuk investor besar tanpa ada kewajiban melibatkan masyarakat dalam kepemilikan usaha selain menjadikan mereka menjadi buruh. Per-Desember 2003 terdapat 267 unit perusahaan yang memperoleh HPH dengan luas areal ± 27.797.463 Ha. Tahun 2004 Badan Planologi Kehutanan mengungkapkan bahwa kawasan hutan yang telah dilepaskan untuk dijadikan areal perkebunan seluas 4,682 juta hektar kepada 503 unit usaha.. Jadi kekayaan agraria kita tidak pernah diabdikan untuk kepentingan rakyat banyak. Meskipun demikian, BPN mengungkapkan bahwa masih terdapat 1.5 juta hektar lahan objek landreform, 650.000 hektar lahan terlantar dan sekitar 7.1 juta lahan hutan produksi yang dapat diberikan kepada rakyat. Itu kalau pemerintah mau melakukan redistribusi tanah tanpa melakukan perombakan struktur agraria yang sekarang timpang dan didominasi perusahaan. Jadi sekedar menghentikan peruntukan tanah untuk perusahaan dan diarahkan untuk rakyat. Sementara kepemilikan mahaluas perusahaan-perusahaan ditinjau ulang kepemilikannya dengan mewajibkan kepemilikan organisasi rakyat atau desa.

Lahan-lahan yang anda sebutkan sebagian besar berada di luar Jawa sementara petani gurem dan buruh tani berada di Jawa. Apakah ini artinya anda merekomendasikan transmigrasi?

Areal lahan sawah di seluruh Jawa hingga tahun 2005 seluas 3 juta hektar dan lahan kering untuk tanaman pangan di Jawa seluas 2 juta hektar. Jadi kalau dihitung per-kapita untuk pangan hanya 359 meter persegi atau 451 meter persegi termasuk lahan kering. Sementara lahan lainnya dikuasai oleh Perhutani dalam bentuk Hutan Negara seluas 2,7 juta hektar dan perkebunan seluas 690 ribu hektar. Jadi, transmigrasi selama ini sebenanrnya memindahkan potensi konflik sosial akibat ketimpangan agraria yang sangat luar biasa di pulau Jawa.

Menurut KPA, terbaik yang dilakukan di Jawa adalah Pembaruan Agraria secara menyeluruh dan menguasahakannya kedalam pertanian terpadu dalam wadah koperasi, badan usaha milik petani atau badan usaha milik desa. Maksudnya, tiga soal mendasar dalam problem pertanian di Jawa selama ini adalah lahan terbatas, tenaga kerja banyak (pengangguran), teknologi pertanian rendah alias tidak berkemban . Persoalan ini dapat diselesaikan dengan model pembaruan agraria seperti yang saya sebut tadi.

Saya melihat bahwa transmigrasi sebagai usaha memindahkan problem pedesaan di Jawa keluar Jawa harus dihentikan. Kalau mau melakukan transmigrasi harus didahului dengan usaha menyelesaikan pembaruan agraria di Jawa.

Apakah Pembaruan Agraria sebenarnya dapat disimpulkan sebagai jalan keluar dari jerat kemiskinan di pedesaan selama ini?


Benar tapi sesungguhnya lebih dari itu. Pembaruan Agraria itu akan memperkuat industri nasional kita, sebab bahan-bahan yang dihasilkan dari sumber-sumber agraria kita apakah pertanian, perkebunan dan pertambangan diabdikan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sebagai misal dengan pembaruan agraria, pendapatan petani kita akan naik dengan signifikan sehingga pasar domestik bagi industri kita menjadi lebih luas. Tabungan petani kita juga akan naik sehingga investasi pengembangan pertanian dan industri pertanian semakin tumbuh. Dengan demikian keutuhan dan kepaduan antara desa-kota, pertanian dan industri yang saling menguatkan itu ada pada Pembaruan Agraria. Pembaruan agraria juga menjadi basis demokrasi bukan hanya di pedesaan bahkan secara nasional sebab ia mensyaratkan dukungan dari organisasi petani yang kuat dan solid. Jadi, pembaruan agraria itu basis paling penting bagi lahirnya keadilan sosial sejati di tanah air kita.

No comments: